Selasa, April 24, 2012

Kartini Menari

sianggg semuanyaaaaaaaa... para perempuan penerus bangsaa.
kali ini emang gue mau ngomongin masalah ibu kita kartini.

ibu kita kartini putri sejati, 
putri indonesia , 
harum namanya, wahai ibu kita kartini putri yang mulia
sungguh besar cita-citanya bagi indonesiaa.

tahu kan itu lagu apa ? yap, lagu ibu kita kartini. tahu kan tanggal berapa perayaan ibu kita kartini ? bagi kalian semua pasti tahu. setiap hari kartini pasti ada lomba-lomba gitu. ya kan ??? sebenernya walau gue gag tahu filosofinya kenapa perayaan kartini itu ada lomba masak memasak. atau lain sebagainya. hahaha. mungkin karna ibu kita kartini pangeran wanita dan wanita diidentikan didapur walau tanda kutip sih. makanya ada lomba masak *nglantur*
oke kembali ke topik semula, bahwa perayaan ibu kita kartini itu tanggal 21 April. 

kali ini kartini yang gue rasain beda. karna biasanya gue sibuk mempersiapkan kartini's day disekolah. dengan berbagai perlombaan dan juga kita buka bazar. bazar apa ajalah . darri makanan sampek stan buat main PES.
mungkin karna emang sekarang gue bukan anak SMA lagi. hahhaa
sekarang udah semester 2 jadiii tentunya perayaan nya beda. hahaha

oke kali ini gue pengen cerita tentang "KARTINI MENARI"
sebenernya dari awal gue radak ragu buat liat even ini. tapi setelah gue liat even ini WOW KEREN. kayaknya emang keren gag cukup menggambarkan acara ini.
gue jelasin dulu, ini acaranya anak HIMASETA UNY mau tahu apa kepanjangannya ? Himpunan Mahasiswa Seni Tari Universitas Negeri Yogyakarta. kenapa gue anak akuntansi UGM bisa nyampeg ke seni tari UNY ? gag aneh sih karna temen sekamar gue anak seni tari. pumpung acara ini dibuka buat umum. so kenapa gag nonton ? gratis pula. hahahha *mahasiswa pikirannya gratisan itu biasa* #eh. acara ini semalem digelar di stage tejokusumo UNY. *alhamdulillah ya sesuatu banget dapet tempat duduk, padahal masi banyak orang yang berdiri, sambil nonton* hahhaha.



acara nya dimulai jam 19.00 tepan ON TIME. no ngaret.pas gue masuk ada gending gending karawitan gitu. sumpah rasanya gimana gt pas denger suara gendang , lama gag denger gending jawa. hahhaaa
setelah karawitan ada tarian-tarian gitu ada darian anggukan , tarian topeng jegot, tarian padi kemuning, tarian kembang tanjung, tari nusantara, tari garapan ( kartini menari) dan masi banyak lainnya .
ada juga pertunjukan  dari stela akustik mereka nyanyiin 3 lagu. ini nih yang menarik masa lagu alun-alun nganjuk jadi radak ngejaz gitu tahu kan gimana lagunya alun-alun nganjuk ? 
yang ini nih syairnya ; 
Ning alun-alun tak goleki
Terminal stasiun tak ubengi
Senajan setaun tak enteni
Tresnamu sing tak gondheli

kalo lagunya gag campursari gue suka, kalo campursari gue ogah. entah kenapa gue gag suka lagu campursari. waktu dengerin awal aja gue radak bingung ama ni lagu pas awal syair dinyayiin gue ketawa gag abis-abis. emang keren ya mereka. hahahhahahaa. 

selain itu ada penampilan PBSI tentang musikalisasi puisi , puisi yang gue inget sih gini "rinduku kusematkan pada titik titik hujan, agar ia membahasi hatimu dan mengikis kerasmu agar kita menyatu,"

yang gue suka lagi pas tarian nusantara. bayangin aja semua tarian dari sabang sampeg merauke dijadiin satu dalam sekali pentas. keren banget... ahahahhahaa. salahnya gue kenapa gue gag ngevidio tarian itu #PLAK.
setidaknya kalo gue vidio kan bisa gue pelajari *eh. hahaha

oke intinya tentang kartini menari adalah : kartini itu memperjuangkan emansipasi wanita. ngajarin gimana caranya masak, dandan dan juga ngejahit. kartini juga ngirim surat ke kolonial belanda agar pribumi bisa belajar dari semua itu diimplementasikan dengan gerakan tari. kebayang gimana kerennya?
gue cuman bisa berdecak kagum buat mereka semua yang menghabiskan waktu nya untuk berkarya dan menyibukkan diri dengan kegiatan yang berguna, berkreasi. 
salut bagi kalian semua yang bisa menggunakan waktu sebaik baiknya.

semoga ibu kartini tidak mnyesal memperjuangkan emansipasi wanita. karna gue yakin semua wanita indonesia telah berkarya dengan baik dibidang mereka masing-masing dan dengan cara mereka masing-masing :)

SELAMAT HARI KARTINI !!! untuk semua wanita indonesia.

Tidak ada komentar: