Rabu, November 14, 2012

Nonton : The Ballet of Sutasoma - the revival of prince agung.

"Hancurnya hati sang mahaketu raja agung negri hastina. Bukan hanya karena putera terbaiknya menolak tahta terbesar mayapada,tetapi pagi buta itu sang pangeran memilih pergi. Ia memutus cinta dan kasih keluarganya. Pergi mengembara mencari pembebasan jiwa menjelajahi hidup pertapa menuju sang bodhisatwa.
Dewi pertiwi muncul dari dalam bumi dan menangis dikaki sutasoma. Memohon sutasoma menghentikan kerakusan pra raksasa yang membanjiri bumi dengan darah manusia dan anak-anaknya dewi langit dan samudra , pertiwi memohon belas kasihan sutasoma. Seketika pertiwi hilang kembali ke perut bumi, sutasoma mengatakan bahwa itu hanya godaan yang ingin mengagalkan jalan sucinya.
Pangetan sutasoma, jelmaan jinapati, budha tertinggi , tak luluh oleh bujuk seribu brahmana. Kesempurnaan budha dalam jiwanya hanya akan tercapai tanpa kemewahan dan kenikmatan inderawi.
Sutasoma larut dalam meditasi yang tenang namun indra telah mengutus 4 bidadari penggoda yang dahulu pernah dikirim untuk menguji tapa arjuna. Kini dengan cara yang jauh lebih lihai dan seratus kali lebih menggoda tak ada satupun yang mampu menghentikan meditasi sutasoma. Para bidadari menangis sebab bukannya berhasil menggoda sang pangeran justru mereka semua menangis pedih menahan jatuhnya asmara dan benar benar bersumpah pada indera bersedia dijatuhkan ke bumi dan tak diakui kahyangan asalkan diijinkan hidup memeluk kaki sutasoma"

salah satu kepingan isi ceritanya gt. makasi buat Herina sama lela yang udah ngajakin aku nonton ini.
sebenernya bagusan kartini menari tapi kenapa aku tetep nonton ?
kagum aja sama warga korea yang mau mempelajari bahkan nariin tarian indonesia.
sebagai warga negara indonesia saya merasa malu, kenapa saya enggak ada semangat buat latihan nari gt umpamanya untuk saat ini,
acara ini persembahan sekaligus persta perpisahan bagi mahasiswa korea dan indonesia.
tarian ini dipersembahkan oleh korea - indonesia youht exchange program. tarian ini berjudul Nonton : The Ballet of Sutasoma - the revival of prince agung. By : indonesia - korea youth exchange program. At stage tari tedjokusumo . At stage tari tedjokusumo
semoga kegiatan ini membawa dampak baik bagi kedua belah negara dan juga saya bisa mendatangi negeri gingseng itu. amin :)

Tidak ada komentar: