Minggu, Februari 12, 2012

mengkomersilkan pendidikan

mungkin gue ajak kritis nih, bukan kritis sih cuman agak sedikit mikir aja tentang dunia pendidikan yang menurut gue semakin dikomersilkan, pendidikan semakin mahal, sangat mahal dan masya allah mahaalnya. gue tau kok kalo SD , SMP dan SMA masi ada sekolah gratis soalnya gue banyak nemuin sekolah kayak gitu tapi buat ke jenjang yang lebih tinggi gue gag bisa memastikan dengan jelas adanya free uang bangunan + uang gedung, eh bedanya gue gedung ama bangunan apa ya ? gue rasa sama aja. hahahha. gue punya kenalan juara olympiade biologi dapet medali emas pas dirusia dapet jaminan terserah milih masuk ke universitas tapi cuman pilih masuknya aja bukan biayanya. tapi ?? nyatanya ? temen gue gag bisa gunain piagamnya , SNMPTN pun gag lulus. emang orang pinter kalahnya ama orang beruntung kali ye atau sama duit ??
kadang gue mikir, kenapa sih sekolah gag bisa bebas dari kelas sosial ??
seharusnya sekolah buat orang bodoh jadi pinter, orang miskin jadi kaya.
seharusnya sekolah bukan untuk membebani pelajar.
dan yang paling bikin gue sebel setengah mati, eh DPR mempercantik ruangan dengan barang barang yang mahalnya gag masuk akal.

gue miris banget sama anak kelas XII , mau tahu kenapa ? entah kenapa menjelang kata UN semua orang pada minta maaf kesana kemari, istiqosah, dateng ke masjid rajin bener, baca al-qu'an juga rajin. tapi buat apa kalo itu cuman terjadi dalam setahun . percuma banget kan ??
gue miris juga pas liat sodara gue anak kelas 4 SD loh tapi beban berat buku ditas nya melebihi berat badannya sendiri. gue cuman mikir, dia bawa buku setebel itu semua wajib atau kerajinan ??
gue miris juga pas diknas sebelum ujian bilang "soal. dijamin tidak bocor"  , eh mau tau gag apa kata beliau pas habis ujian "namanya juga ujian pasti ada yang bocor" . nah loh ? yang gag beres siswanya ato penjaga soalnya atau pihak terselubung didalamnya, tapi menurut gue yang salah adalah semua pihak. hahahhaa.
kadang gue juga empet nih ama gonta ganti kurikulum, tahu gag parahnya gue selalu ada ditengah-tengahnya. gimana gag sebel berasa terombang ambing dalam ombak bukan ombak lagi deh tapi badai #plakkk
gue itung itung ada 8x loh indonesia ganti kurikulum. bukan cuman gue sih yang ngitung tapi dibantu ama bapakku. hihihi.,
gue pernah denger malahan kalo RSBI di Indonesia GAGAL TOTAL. cuman sekedar denger loh, gue belom mengkaji kalimat itu lebih dalem lagi.

negeri ini didirikan oleh anak muda yang pemberani, bukan parlemen. saatnya bangsa ini dikembalikan pada pemuda bangsa yang pemberani. 

tapi kadang gue sangsi juga nih ama pemuda zaman sekarang, mereka dari keluarga kaya, pinter dan berpendidikan tapi moralnya nol.

kau boleh membakar semua kebun bunga. tapi kau tak bisa menghambat datangnya musim semi.

mau tahu gag apa maksud musim semi ??? musim semi adalah pemuda penerus bangsa. yang akan membuat bangsanya bangga dengan caranya senddiri.,
gue yakin bangsa ini ada kalanya diatas dan ada kalanya dibawah.
seperti kehidupan dan jalan dipegunungan yang tak selalu mulus dan lurus.
nulis ini sekalian introspeksi diri. hihi

Tidak ada komentar: