Sabtu, Desember 21, 2013

Ikatan antara Pacar dan Akuntansi

jadi ini pembicaraan bareng dosen akuntansi pak irfan nursasmito (dosen FEB UGM)

"punya pacar?" ... "ah gak mungkin anak jaman sekarang gak punya pacar, sayang dan cinta sama pacar?"
cuman senyum doang lah akunya.
"sama pacar aja cinta dan sayang kok masa sama akuntansi enggak. Pernah ngerasain jatuh cinta kan?"
ini aku cuman senyum lagi , gak bisa berkata apa-apa.
"orang jatuh cinta itu biasanya sering nyebut namanya, selalu kangen, rela berkorban, maunya ketemu terus sama pacar aja bisa, kenapa sama akuntansi gak bisa? maka dari itu apa apa yang dikeluarkan untuk pacar dianggap sebagai pengorbanan. kamu boleh milih lelaki karena apanya?"
"setau saya, kita boleh milih lelaki karena parasnya, karena hartanya, karena keturunannya dan karena agamanya pak"
"benar, dan saya sarankan memilih lelaki karena agamanya, begitu juga pekerjaan. Jangan bekerja karena uang, nanti malah gak berkah. Ketika kalian menjalin hubungan yang lebih lanjut menikah contohnya, membangun rumah tanggalah sesuai dengan peraturan Allah, begitu juga ketika kalian bekerja, bekerjalah sesuai dengan aturan Allah, jangan suka menerima uang-uang yang tidak jelas asal usulnya. Belajar ekonomi itu buat apa sih?"
"biar tau ekonomis, efektif dan efisien"
"kalau mau belajar ekonomis gak usah jauh jauh kuliah akuntansi, ekonomis itu apa sih?"
"pengeluaran sekecil kecilnya untuk mendapat hasil sebesar-besarnya pak"
"kalian belajar dari SD-Kuliah itu belajar berlogika kan ? pasti udah tau apa itu ekonomis tanpa belajar akuntansi karena mindset kalian langung ke laba-rugi atas kerjaan yang kalian lakukan, lalu efisien itu apa? efisien itu harus apa boleh?"
"harus pak"
"harus itu punya Allah, kalian kok hebat mintanya harus, kalian itu manusia hanya boleh gak harus."
habis itu ngomongin masalah pertamina yang nilai materialitasnya 3Milyar, what bayangin duit 3 Milyar ilang gak dicari coba, kaget aja sih sebenernya. Habis itu ngomongin kehidupannya pak irfan sih tentang kehidupannya pribadi.

"PSAK 1 itu pasti bisa baca sendiri semua karena ini cuman logika dan bacaan biasa, saya mau ngomong yang menurut saya baik, pernah tanya tentang masa lalu pacar ?"
"hmm iya pak"
"seharusnya kamu gak boleh, masa lalu pacar itu urusan pasangan kamu sama Allah, masalah kamu dan pasangan kamu itu tentang masa depan. Kamu gak boleh tanya tanya tentang mantan segala macem karena apa ? dalam agama islam diajarkan untuk tidak menjawab pertanyaan yang dapat menimbulkan masalah dikemudian hari.Termasuk ngomongin masalah mantan, jangan minta pacar kamu membandingkan kamu dengan yang lain karena apa ? itu juga dapat menimbulkan masalah, kamu mau dibandingkan dengan orang lain? kalau saya ndak mau, saya ya saya orang lain ya orang lain. Hidup ini penuh dengan masalah jadi ja yangan menambah masalah harusnya menekan masalah sekecil kecilnya. Umpama nih kalau kamu liat pacarmu boncengan sama lawan jenis lain nih, ya udah gampah kamu tinggal boncengan aja sama yang lain. kalau kamu gak mau digituin ya jangan gituin"

itu singkat sih, dan masi banyak lagi nasehat nasehatnya. Aku ndak tau hubungan antara Akuntansi dan Pacar. Tapi buat memahami akuntansi sama halnya memahami pacar kurang lebih gitu lah gampang gampang susah dan pak irfan bisa menyangkutkan akuntansi dengan hal hal disekitar kita buat nyampein banyak sekali nasehatnya yang berguna itu. terima kasih pak irfan atas semua wejangannya :)

Tidak ada komentar: