Selasa, November 12, 2013

hai piutang

Semoga iatku belajar dengan ngeblog bisa berjalan dengan lancar, amin. Jadi yang aku tulis blog ini menurut catetan ku selama perkuliahan, maaf reader kalau menganggu kalian tulisan ini. Enggak menganggu tapi bikin pusing ya ? hahaha, sabar ya. 
piutang, ingin tahu bedanya hutang dengan piutang ? kalian anak ekonomi pasti gak asing kan, ya bahasa gampangnya piutang adalah hutang orang terhadap kita. Atau pengen tahu bahasa ekonominya? piutang adalah hak perusahaan untuk menerima sumber suber ekonomi di mas akan datang dengan jumah tertentu akibat transaksi dimasa lalu.
piutang ada 2 yang pertama piutang usaha contohnya piutang dagang dan piutang wesel. Sedang yang kedua piutang non usaha contohnya piutang deviden. 
Sekarang, apa beda piutang usaha dan piutang wesel ? piutang dagang buktinya berupa faktur penjualan, sedang piutang wesel itu berupa janji tertulis . 
Bagaimana pengakuan piutang dalam akuntansi ?
pengakuan dicatat sebesar nilai bersihnya jika penjualan dengan rabat , fungsi abat untuk menyembunyikan harga sebenarnya dar customer, untuk efisiensi, untuk memberikan disc dalam jumlah yang besar. Bisa juga pencatatannya dengan menggunakan metoe neto atau bruto Agar customer membayar lebih cepat. 
Piutang dagang dinilai dan dilaporkan sebesar jumlah kas bersih kas yang kemungkinan akan diterima tentu saja sudah dikurangi dengan kerugia piutang tak tertagih. 

Dalam piutang tak tertagih kita bisa memperkirakan jumlah piutang tak tertagih dan terdapat pencatatannya tersendiri untuk piutang tak tertagih. 
Metode pencatatan piutang tak tertagih bisa menggunakan penghapusan langsung jadi rekening kerugian piutang akan didelete pada saat piutang benar benar tak tertagih atau bisa juga pencatatannya dengan dicadangkannya piutang tak tertagih artinya pencatatan kerugiaan piutang akan dilakukan pada akhir periode akuntansi meskipun iutang tersebut belum tentu tidak tertagih.
 Sedang perkitaraan piutang tak tertagih bisa diperkirakan memalui prosentase piutang pada neraca atau prosentase penjualan pada rugi laba. 

Mari kita berbicara tentang piutang wesel, udah aku jelasin bahwa piutang wesel merupakan janji tertulis untuk membayar sejumah uang tertentu pada tanggal tertentu. Janji itu bisa berupa wesel yang dibuat oleh kreditur (penarik wesel) kepada debitur untuk membayar uang dengan jumlah tertentu pada tanggal tertentu, Satu lagi berupa promes, promes ini dibuat oleh debitur dan ditujukan untuk kreditur. Piutang wesel ini terdapat dua macam jenisnya yaitu wesel berbunga dan tanpa bunga ( tanpa bunga ini bukan berarti tidak ada bunga sama sekali tapi bunga tidak dijelaskan secara jelas) 
penilaian piutang wesel jangka pendek itu sebesar nilai nominal dikurangi cadangan kerugian piutang sedang untuk jangka panjang dicatat sebesar nilai nominalnya yang akan sama dengan taggal jatuh temponya. Sedang jika suku bunga wesel > suku bunga pasar akan terjadi premi, jika sebliknya akan terjadi diskonto.

Lalu apa beda piutang dengan kas?  mereka sama sama aset lancar perusahaan, perbedaannya pada waktu, kas itu sekarang sedang piutang dimasa yang akan datang.

Persediaan, aset tetap, hutang , hutang jangka panjang dan ekuitas tunggu aku !! 
semangat !!

Tidak ada komentar: