Sabtu, November 16, 2013

Investasi

Investasi dibagi menjadi 2 yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. 
Investasi jangka pendek itu contohnya surat berharga, sekuritas, efek atau surat berharga
Investasi jangka panjang contohnya obligasi dan saham 
Investasi jangka pendek untuk mendapat laba, invstasi jangka panjang cenderung untuk memperoleh bunga, meakukan pengawasan terhadap perusahaan lain dan menjalin hubungan baik dengan yang lain.

apa itu saham? surat tanda kepemilikan atas perusahaan yang menjual saham tersebut, pemilik saham secara periodik berhak mendapat bagian keuntungan yang biasa disebut deviden. Pemegang saham mayoritas memegang saham > 50% 
saham itu ada 2 macam : (a) Saham preferen/ Istiewa/ Prioritas . Dalam saham ini deviden akan tetap dibagi walau perusahaan dalam keadaan rugi (b) Saham biasa, deviden dibagi jika perusahaan mendapat laba. 

obligasi itu ? surat tanda pengakuan hutang dari perusahaan yang mengeluarkan obligasi. Perusahaan mengeluarkan obigasi brarti peusahaan punya utang yang beli investor. Pemilik obligasi punya hak bunga atau obligasi setahun 2x. 

Pencatatan akuntansi untuk saham dan obligasi (1) pada saat perolehan/ pembelian (saham/obligasi) (2) Selama kepemilikan saham/obligasi (3) penjualan saham/obligasi.
 Perbedaan saham dan obligasi adalah Saham Prefere tida memiliki hak sauara sedang saham biasa punya. 

Tidak ada komentar: