Kamis, November 14, 2013

Ini tentang kamu 'aktiva tetap'

apa itu aktiva tetap ? bahasa akuntansinya aktiva tetap adalah sumber ekonomi yang berwujud yang perolehannya dengan kondisi siap pakai dengan membangun terlebih dahulu degan masa manfaat lebih panjang. Pencatatan aktive tetap sebesar kas (harga perolehan) dikurangi denan depresiasi dan penurunan secara komunikatif sampai dengan tanggal neraca. 
Sekarang apa beda aktiva tetap dengan persediaan ? padahal aku belum jelasin persediaan ya. hihihi. 
bedanya persediaan untuk dijual sedang aktiva tetap untuk kegiatan operasional perusahaan dan tidak untuk dijual. Selain itu persediaan jangka waktunya kurang dari setahun sedang aset tetap lebih dari setahun. 
Jenis aktiva tetap ada dua, aktiva tetap tidak berwujut dan aktiva tetap berwujut. mari kita bahas satu satu. 
AKTIVA TETAP BERWUJUD 
aktiva tetap berwujut itu dibagi lagi menjadi dua yang dapat disusut dan tidak daat disusut. Contoh untuk aktiva tetap berwujut yang tidak disusut adalah tanah, kenapa  karena tanah harganya cenderung naik, coba cari tanah didaerah mana yang harganya turun mungkin ada tapi dideket kuburan contohnya. hehehe
untuk aktiva tetap berwujut yang disusut itu contohnya endaraan, gedung, mesin, prabot dan peralatan, lalu kenapa penyusutan bisa teradi ? karena dipakai, karena berlalunya waktu dan karena perubahaan tehnologi. Contohnya mesin , mesin dari tahun ke tahun dia tidak mungkin dapat menghsilkan jumlah produksi yang sama maka dari itu dibutuhkan penyusutan. 
lalu , apa itu penyusutan ? penyusutan adalah alokasi aktiva tetap yang bersangkutan sebagai bebam atau biaya bagi periode yang menikmati/penggunanya. 
sekarag kita bicara penyusutan:
jenis penyusutan itu sebenarnya ada 3 :   (1) Depresiasi : untuk penyusutan aktiva tetap berwujud (2) amortisasi : untuk peyusutan aktiva tetap tidak berwujut (3) Deplesi : untuk menghitung penyusutan aktiva berupa tambang. Penghitungan depresiasi dipengaruhi 3 faktor :
(1) harga pokok/ harga perolehan , dikeluarkan untuk memperoleh aktiva tetap dari awal sampai siap untuk dipakai dalam kegiatan operasional. 
(2) taksiran umur kegunaan , taksiran nilai sis aktiv sampai masa kegunaannya habis 

Metode penyusutan / depresiasi 
1. Metode garislurus. 
2. Metode Unit/Satuan jam produksi 
3. Metode jam jasa
4. Metode jumlah angka tahun 
5. Metode saldo menurun 

dalam aktiva tetap ada istiah revaluasi , apa itu revauasi ? revaluasi adalah penilain kebali aktiva teta yang boleh dilakukan pada saat aktiva tetap sudah tidak sesuai dengan nilai wajar. (nilai wajar lebih tinggi dari pada nilai buku) 

AKTIVA TETAP TIDAK BERWUJUT 
apa itu aktiva tetap tidak berwujut ? nah aktiva tetap tidak berwujut itu merupakan aset perusahaan yang tidak memiliki bentuk tapi mempunyai hubungan untuk kenaikan laba, bagaimana bisa ? contohnya goodwill (nama baik), hak paten, hak merek dan lain lain. 
aktiva tetap tidak brwujut dicatat sebesar kos yaitu harga beli tunai untuk diperoleh dengan cara memiliki atau mengkapitalisasi keebihan laba atas laba normal industri. 
sedang amortisasi adalah alokasi harga peolehan aktivanya tetapi tidak berwujut, 
kadang sebenernya aku bingung kuliah akuntansi apalagi aktiva tetap tidak berwujut, gimana coba ngitungnya hayo kamu ngitung hal yang gak kliatan. 
tapi seiring berjalan nya waktu bakal ngeri sendiri kok sama kejadian kejadian ekonomi yang seabrek itu .


semangat belajar ya fris, lulus komprehensif , bahagiain orang tua, dan orng terdekatmu ! :)

Tidak ada komentar: